Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

Tips memulai bisnis atau wirausaha untuk mahasiswa

Tips memulai bisnis untuk mahasiswa - Memulai bisnis atau usaha sampingan ketika masih menjadi mahasiswa mungkin terlihat seperti mengambil risiko. Padahal ini merupakan awal yang tepat untuk dilakukan, banyak sekali ide bisnis sampingan untuk mahasiswa seperti,bisnis jilbab, bisnis kuliner, bisnis fashion, pakaian dll. baca ide usaha sampingan untuk mahasiswa.

Wirausaha dapat menjadi bekal setelah kita lulus kuliah. Dia memaparkan, setelah lulus, kita bisa
bertahan dengan kreativitas di tengah keterbatasan lapangan kerja. Minimal,dengan berwirausaha kita bisa membuka lapangan kerja untuk diri sendiri.

Tips memulai usaha


Dengan berbisnis atau berwirausaha dapat menjadi salah satu bekal kita setelah lulus kuliah nanti, karena melihat sekarang ini mencari lapangan kerja cukup susah-susah gampang  dan juga karena  minimnya lapangan kerja,skill pas-pasan dan pengalaman yang tidak banyak. jadi seperti yang sudah penulis bilang diatas, dengan berbisnis atau berwirasusaha kita justru bisa membuka lapangan kerja untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kenapa ini awal yang tepat untuk memulai membuka bisnis ? Salah satu alasanya adalah kita tidak akan mengalami banyak kerugian, karena kita belum mempunyai banyak tanggungan atau kewajiban, seperti kewajiban menafkahi keluarga, membayar cicilan rumah atau kewajiban lainya. Jadi ketika kegagalan menghampiri, kita tetap bisa melanjutkan kuliah.

Nah untuk anda yang sekarang sedang menuntut ilmu di kampus kesayangan dan ingin memulai membuka usaha sampingan, berikut penulis share langka-langkah sukses untuk memulai bisnis.

1. Cari pembimbing

Tidak cuman skripsi aja kita butuh pembimbing, soal bisnis pun kita butuh pembimbing atau mentor, kenapa? Alasanya adalah agar kita tidak salah dalam melangkah, paling tidak meminimalisir kegagalan. Untuk menemukan mentor, kita tidak perlu bingung dan nggk perlu jauh-jauh, Kita dapat menemui dosen yang mau menbantu kita, jadikan dosen sebagai teman, berdiskusilah denganya, yang tentu akan memberikan masukan-masukan yang sangat bermanfaat untuk kita.

2. Apa hobi kamu?

Seperti yang sudah penulis share di artikel sebelumya, bahwa ide bisnis bisa datang dari mana saja,
termasuk ide bisnis dari hobi,sangat menyenangkan bukan jika kita menjalankan bisnis dari hobi,
selain menjalankan hobi kita juga mendapatkan uang. 

3. Buat anggaran

rencanakan modal awal untuk bisnis yang akan anda jalankan. Hitung dengan cermat dan hati-hati, tetap realistis dan pilihlah yang perlu-perlu saja dan yang benar-benar dibutuhkan.

4. Manfaatkan tugas kuliah

Mungkin masih banyak dari kita sebagai mahasiswa yang ketika mendapat tugas hanya mengerjakan karena sekedar ingin mendapatkan nilai saja, yah itu sah-sah saja,tapi bagaimana jika kita mengerjakan untuk nilai dan juga untuk uang, caranya? misal, ketika kita mendapatkan tugas untuk membuat proposal tentang bisnis plan, kita kerjakan dengan lebih serius dan kemudian kita tawarkan kepada orang yang kita anggpap bisa mendanai ide bisni tersebut, siapa tahu mereka tertarik dan kemudian mau mendanai?

5. Menjadi pemimpin

Menjalankan bisnis tentu membutuhkan banyak waktu, dengan kerja keras dan cerdas. Jadilah pemimpin untuk bisnis yang anda jalankan. Hindari menunda nunda pekerjaa dan mulailah bersikap dan berperilaku layaknya pemimpin yang hebat. 

6. Pengujian

Setelah mendapatkan ide, silahkan uji ide tersebut, tentukan pasar yang pas. Setelah itu kemudian evaluasi dan temukan strategi yang lebih baik.

7. Pemasaran

Selain melakukan pemasaran offline, lakukan juga pemasaran online. Kita bisa memanfaatkan internet sebagai tempat pemasaran, seperti membuat website, media sosial seperti facebook,twitter,instagram dll.

8. Managemen waktu

Mungkin memang bukan hal yang mudah untuk menjalankan bisnis sambil kuliah,  karena bisnis memang menyita banyak waktu, begitu juga dikampus pasti banyak sekali tugas-tugas yang harus dikerjakan. Kalau penulis boleh memberikan saran, sebaiknya ketika ada tugas dari kampus, sebaiknya langsung saja dikerjakan jangan menunda nundanya, setelah itu baru kembali ke bisnis. Jadi pada intinya kita harus pintar-pintar untuk membagi waktu. Atur waktu dimana harus kuliah dan kapan kembali ke bisnis dan tentu kampus merupakan prioritas utama untuk kita.

Jadi pada dasarnya kuliah sambil berbisnis itu memanfaatkan waktu luang, waktu pulang kuliah yang kemudian kita manfaatkan untuk berbisnis, lain halnya orang yang hanya kuliah, mungkin setelah pulang kampus, waktu sisanya untuk main, atau belajar ? jadi berbisnis itu bagaimana kita mengorbankan waktu yang lebih di banding orang lain.

9. Tidak usah takut gagal

Siapa sih yang menginginkan kegagalan ? Pasti semua orang tidak menginginkan hal ini,tapi tidak perlu ditakuti, kegagalan adalah kesuksesan tertunda bukan?  Baca ketika kegagalan menghampiri.

Memulai berbisnis ketika masih menjadi mahasiswa memang sangat menguntungkan, selain mendapatkan keuntungan, kita juga akan mengasah soft skill kita, menghargai waktu, menjalin banyak relasi dan tentunya mendapat pengalaman baru.

Dalam sebuah dialog kuliah umum yang tidak lama ini diadakan, dengan tema "Enterpreneurship and Manufacturing Hope", dimana salah satu topik yang dibahas adalah "Apa alasan orang memilih terjun ke wirausaha?" dan dari dialog tersebut, ternyata terungkap, ada 3 alasan yang mendasari seseorang terjun ke dunia wirausaha. yang pertama adalah karena seseorang ingin terbebas dari masalah ekonomi dan ingin mampu memiliki setiap apa yang diinginkan. kemudian alasan kedua adalah seseorang tersebut ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar tanpa harus bekerja lebih, selanjutnya alasan terkahir adalah karena ingin memiliki waktu yang fleksibel tanpa ada yang mengikat dan lebih bebas dalam beraktivitas.

Selain menjalankan wirausaha kita sebagai mahasiswa juga bisa menjalankan bisnis sampingan lainya, seperti bisnis online,seperti membuat toko online, menjadi publisher atau menjadi affilate sebuah produk dari toko e-commerce. perlu diketahui bahwa pasti semua sudah tahu dan mengerti bagaimana menjalankan bisnis online, ada banyak sekali yang bisa dilakukan diinternet, sampai-sampai kita bisa mendirikan sebuah bisnis online tanpa modal, maun tahu caranya ?

Yang perlu diinget dalam berbisnis baik itu online maupun offline/ wirausaha adalah bahwa berbisnis membutuhkan kepercayaan dan juga kejujuran, apalagi untuk bisnis online seperti toko online, tentu kepercayaan dan kejujuran sangat amat diperlukan, karena antara penjual dan pembeli tidak bertemu secarang langsung jadi tanpa kejujuran dan kepercayaan maka besar kemungkinan bisnis tidak akan pernah sukses.

Kiat sukses dalam berbisnis diantaranya, niat untuk berbisnis, fokuslah pada satu bidang,jika pernah mempunyai pengalaman buruk kena tipu maka belajarlah dari situ,kerja keras
dan juga cerdas.

Nah itulah tips memulai bisnis untuk mahasiswa. Sebagai tambahan, salah satu cara agar usaha kita bisa berjalan dengan  lancar dan tidak mengganggu kuliah kita adalah dengan cara bisni bareng teman, karena dengan begitu kita akan lebih muda untuk mengatur tugas dan waktu, dan jika sampai saat ini belum menemukan ide bisnis silahkan baca artikel kami: cara gampang menemukan ide bisnis.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca yang sedang ingin memulai bisnis atau berwirausaha. Salam sukses!
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips memulai bisnis atau wirausaha untuk mahasiswa