Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

7 Kiat Sukses Bisnis Kuliner

7 Kiat Sukses Bisnis Kuliner - Untuk mendapatkan sebuah ide bisnis memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi sekarang ini sudah dapat dibilang tingkat persaingan bisnis sudah mulai ketat, maka diperlukan strategi jitu supaya bisnis kita dapat bersaing dipasaran.

Sebenarnya banyak ide bisnis yang tersedia dan dapat kita jalankan seperti halnya ide bisnis dalam bidang kuliner. Bisnis kuliner memiliki segmen pasar yang sangat luas, dan dapat membidik hampir semua kalangan maupun golongan masyarakat. Maka tidak heran jika banyak sekali orang berduyun-duyun ikut meramaikan semaraknya bisnis kuliner ini, karena memang cukup menjanjikan. Banyak diantaranya pembisnis kuliner yang masih tergolong baru namun mereka dapat sukses, hal ini karena tingkat konsumsi masyarakat yang tinggi dan pasar yang luas. Jadi sudah hal biasa jika seorang pemula dapat menccapai kesuksesan dalam bisnis kuliner ini.

Kiat Sukses Bisnis Kuliner

Apalagi jika jenis makanan yang kita sediakan memiliki rasa khas, promosi yang okey + konsep dan tempat yang strategis dan bagus. Tentu akan lebih menarik dimata konsumen, dan akibatnya bisnis kita dapat mencapai kesuksesan.

Nah bagi teman-teman yang sekarang ini sedang atau baru akan menjalankan bisnis kuliner, berikuti ini kami share 7 kiat sukses bisnis kuliner untuk pemula. Semoga saja tips ini dapat membantu dan memberikan pengalaman baru bagi pemula untuk perkembangan bisnis yang dijalankan.

1. Memiliki Konsep yang Menarik

Di dalam bisnis apapun, sebuah konsep menarik menajadi nilai tambah tersendiri dalam bisnis tersebut. Tidak terkecuali didalam bisnis kuliner. Justru di dalam bisnis kuliner konsep yang menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Dengan memiliki konsep yang baru atau menarik, maka hal ini dapat menjadi nilai tambah tersendiri. Apalagi jika bisnis yang akan dijalankan dalam bidang kuliner, maka diperlukan konsep yang menarik, supaya konsumen akan lebih melirik bisnis kita.

Baca juga : Peluang usaha terbaru

Tentunya konsep harus beda dengan yang lainya, konsep dimana seorang konsumen akan bertanya dalam benak mereka tentang produk apa yang djual, seperti apa pelayanan kepada konsumen, dan apa keunikan atau perbedaan dari yang lainnya.

Seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak sekali rumah makan, atau tempat nongkrong yang memiliki konsep yang anti mainstream atau tidak pada umumnya, mulai dari bentuk bangunan, dekorasi, atupun pelayanan, semua serba unik. Ini semua dilakukan tentu untuk menjaring dan mencuri perhatian konsumen. Hal ini dilakukan karena masyarakat lebih ingin untuk mencoba sesuatu hal baru, mungkin konsumen sudah mulai bosan dengan tempat makan yang biasa-biasa saja, karena masakan yang memiliki rasa enak saja sepertinya tidak cukup untuk membuat konsumen menjadi loyal. Untuk itu berikan pengalaman, makanan dan pelayanan yang baru untuk konsumen, supaya mereka menjadikan tempat kuliner anda sebagi tempat yang mesti dikunjungi.

2. Menentukan Target Pasar

Setelah menentukan konsep bisnis kuliner yang menarik, langkah selanjutnya adalah menentukan target pasar. Walaupun memang benar pasar dibidang kuliner memang luas, namun anda tetap harus menentukan targetnya, supaya kita dapat lebih focus dan spesifik siapa dan bagaimana kita akan memberikan pelanayanan,dan menentukan langkah-langkah selanjutnya. Seperti misal target pasar adalah mahasiswa, maka salah satu untuk menarik perhatian mereka adalah dengan memberikan harga yang terjangkau.

3. Berinovasi dengan Baik

Supaya bisnis kuliner anda memberikan pengalaman baru untuk konsumen maka jangan lupa untuk berinovasi, karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa masyarakat sekarang ini lebih ingin sesuatu hal baru. Jadi sebisa mungkin hindari bisnis kuliner yang kita buka sama persis dengan bisnis yang lainya. Paling tidak ada satu atau dua hal yang berbeda dari yang lainya, yang pada intinya, berikan alasan kenapa konsumen harus membeli makanan ditempat anda ?

4. Memulai Bisnis Kuliner di Lokasi yang Strategis

Supaya bisnis kuliner yang anda dirikan dapat dijangkau, maka sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis, hal ini akan membantu untuk cepat berkembang. Jadi pemilihan lokasi yang strategis sangat penting, seperti di dekat kampus, dipinggir jalan yang ada banyak keramaian, dll.

5. Harga yang Terjangkau 

Sudah barang tentu, siapa pun ketika membeli sesuatu tentu menginginkan harga yang terjangkau, dapat banyak dan pelayanan yang ramah, bukan begitu? Sekalipun orang kaya. Namun tentu itu bukan hal yang salah, hanya saja kita sebagai pembisnis maka harus mencarikan solusinya.
Oleh karenanya, disarankan jika bisnis di bidang kuliner maka berikan harga yang terbaik, supaya konsumen memiliki alasan kenapa mereka membeli ditempat anda. Apalagi jika ditambah dengan  memberikan pelayanan yang bagus. Sudah pasti bisnis anda akan cepat berkembang.

6. Menjaga Reputasi Bisnis

Bisnis kuliner biasana rentan dan sensitif dengan kabar yang tidak diinginkan, untuk itu jaga brand yang anda bangun, seperti dengan memberikan pelayanan yang bagus, memastikan masakan higienis, dan juga kebersihan tempat.

7. Doa dan Berbagi sesama

Setelah memiliki konsep, tempat/lokasi yang strategis dll. Maka jangan lupa untuk berdoa, meminta petunjuk dan kemudahan dalam mejalankan bisnis yang akan anda jalankan, supaya dapat berkah dan cepat berkembang. Sehingga pada akhirnya anda akan sukses dalam bisnis bidang kuliner ini.

Nah itulah 7 kiat sukses bisnis kuliner , semoga dapat membantu teman-teman yang sedang atau sudah memulai membuka bisnis dalam bidang kuiner ini. Jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada saudara atau teman anda di facebook, twitter atau media social lainya. Sukses selalu untuk anda…

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 7 Kiat Sukses Bisnis Kuliner