Cara bisnis online tanpa modal | informasi peluang usaha | Ide bisnis terbaru dan tips pemasaran produk.

Cara Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan

Memulai usaha bisnis budidaya tanaman hias - Bisnis tanaman hias seperti bunga melati, kaktus, mawar, anggrek dll, merupakan ide yang bagus dan menguntungkan, kenapa ? Karena banyak sekali peminat tanaman hias ini, baik untuk hiasan rumah, perkantoran, perumahan, villa atau lainya, apalagi jika anda membuka bisnis ini di kota-kota besar, pasti bakal laku keras, apalagi pas musimnya. Jadi ini sangat menguntungakan dan menjanjikan.

Bisnis Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan

Seperti yang saya katakan diatas, tanaman hias merupakan jenis tanaman yang bisa kita manfaatkan sebagai hiasan rumah. Baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Karena tanaman hias memiliki keindahan tersendiri, mulai dari daun, bunga, sampai bentuk pohonnya yang unik. Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa kita jumpai, baik dari segi jenis maupun dari segi harga, dari harga yang paling murah sampai dengan harga yang relatif mahal.

Sekarang bagaiaman cara memulai bisnis tanaman hias ?

Setiap membuka bisnis apapun itu, tentu di perlukan perencanaan, begitu juga dalam membuka usaha tanaman hias ini.

Langkah awal yang harus kita lakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu, kira-kira jenis tanaman hias apa yang banyak dicari orang ?

Sudah saya siapkan 10 contoh tanaman hias yang banyak dicari orang, mungkin bisa jadi referensi.

1. Tanaman Hias Kaktus (Ferocactus pilosus)


Tanaman Hias Kaktus (Ferocactus pilosus)

Kaktus bisa menjadi pilihan sebagai penghias rumah. Salah satu kelebihan dari tanaman ini adalah dia akan tetap tumbuh tanpa air dalam jangka waktu lama.

2. Tanaman Hias Anggrek (Orchidaceae)


Tanaman Hias Anggrek (Orchidaceae)

Anggrek merupakan jenis tanaman yang memiliki bunga yang indah, dan aroma yang harum. Tidak heran jika bunga anggrek ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan minyak wangi.

3. Tanaman Hias Mawar (Rosa canina)


Tanaman Hias Mawar (Rosa canina)

Termasuk Jenis tanaman semak berduri.dan sangat popular di Indonesia.

4. Tanaman Hias Kuping Gajah (Anthurium andraeanum)

Kuping Gajah (Anthurium andraeanum)

Saya yakin pasti anda sudah kenal dengan tanaman yang satu ini, tanaman yang memiliki keunikan dan juga harga yang cukup fantastis menurut saya.

5. Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)


Tanaman Hias Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman Sansevieria atau lidah mertua merupakan jenis tanaman yang cukup popular dan dengan bentuk yang cukup unik, tanamana ini cocok untuk menghiasi dalam ruangn. Karena akan tetap bisa hidup walau dengan sedikit sinar matahari maupun air.

6. Tanaman Hias Puring (Codiaeum variegatum)


Tanaman Hias Puring (Codiaeum variegatum)

Tanaman hias puring atau biasa dikenal pudding ataupun kroton ini memiliki banyak jenis, seperti puring anting raja, puring asmara,Oscar red apple dll. Tanaman yang biasa berada di pekarangan ini memiliki warna daun yang bervariasi dan bentuk yang unik,

7. Tanaman Hias Adenium


Tanaman Hias Adenium

Tanaman Adenium atau orang indonesia menyebutnya kamboja jepang (walau sebetulnya nama tanaman ini bukan kamboja jepang) namun sepertinya sudah dimaklumi untuk menyebut dengan tanaman kamboja jepang. dan satu lagi walaupun ada embel-embel nama jepang, akan tetapi tanaman ini bukan berasal dari jepang, tapi berasal dari daratan gurun pasir asia barat hingga afrika

8. Tanaman Hias Euphorbia


Tanaman Hias Euphorbia

Tanaman Hias Euphorbia merupakan tanaman hias berbunga. selain tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki banyak manfaat seperti sebagai bahan pembuat pelumas dan juga kertas.

9. Tanaman Hias Bunga Melati (Jasminum polyanthum)


Tanaman Hias Bunga Melati (Jasminum polyanthum)

Hampir semua orang tahu tanaman ini, dan mungkin termasuk anda? Yah tanaman ini mudah kita jumpai, memiliki aroma yang harum dan juga mudah perawatanya. Selain sebagai tanaman hias, bunga melati juga merupakan salah satu jenis tanaman  yang banyak manfaatnya, seperti untuk bahan pembuatan minyak wangi, kosmetik dll.

10. Tanaman Hias Asoka


Tanaman Hias Asoka

Tanaman hias asoka yang biasa di anggap oleh sebagian kalangan sebagai tanaman suci dan lambing cinta, tanaman ini memiliki dua jenis yang dikenal di Indonesia yaitu asoka glodokan tiang dan asoka biasa.

Itulah beberapa macam dari tanaman hias yang banyak dicari dan juga popular di Indonesia, sebenarnya masih banyak sekali tanaman yang banyak dicari orang sekaligus juga popular seperti, Aster (Callistephus chinensis), Bakung (Lilium), Azalea dll, Atau silahkan download ebook pdf mengenai statistik tanaman hias di Indonesia.

ebook pdf mengenai statistik Tanaman Hias
Sumber : bps.go.id
Download 
Nah sekarang anda sudah tahu jenis tanaman yang cocok untuk dijadikan bisnis, jadi siapkah menjadi tukang taman yang sukses ? silahkan tentukan jenis tanaman yang akan anda pilih untuk memulai usaha budidaya tanaman hias ini. Sebaiknya untuk memulai usaha ini pilihlah terlebih dahulu tanaman yang paling mudah perawatanya, supaya anda mudah dalam pekerjaanya.

Setelah menentukan jenis tanaman, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan media dan juga peralatan yang dibutuhkan, seperti...

1. Pot
2. Tanah
3. Pupuk
4. Obat / Pestisida
5. Air
6. dll

Dalam penggunaan tanah, sebaiknya pilihlah tanah yang bagus dan juga perhatikan jenis tanaman apa yang akan ditanam, hal ini penting, karena setiap tanaman memiliki karekter yang berbeda, begitu juga dalam hal pemilihan pupuk.

Selanjutnya….

Perawatan... perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Siram tanaman secukupnya untuk menhindari pembusukan pada akar tanaman. Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan, bila sulit anda juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik.

Tentunya setelah tanaman di tanam, maka harus di lakukan perawatan, seperti penyiraman, pemupukan dan juga pemberian obat, karena tanaman juga dapat terkena penyakit/hama seperti ulat, serangga dll. Sehingga pemberian obat diperlukan.

Pemberiaan pupuk juga sangat penting, karena dengan pemupukan akan membantu pertumbuhan tanaman, anda bisa menggunakan jenis pupuk kompos maupun pupuk buatan pabrik, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. begitu juga dalam hal penyiraman, sangat penting karena dapat memenuhi kebutuhan air tanaman dan menghindari dari pembusukan akar tanaman, namun tetap dalam pedoman sesuai penggunaan dan kebutuhan.

Membuka usaha budidaya tanaman hias memang diperlukan ketekunan dan ketelatenan, untuk itu jika anda tertarik untuk memulai usaha tanaman hias, maka harus rajin, ulet dan telaten dalam hal merawat tanaman dan jangan lupa untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan mengenai cara merawat tanaman. Nah demikian cara memulai bisnis budidaya tanaman hias. Salam sukses

Baca juga : Cara mengelola waktu dalam Bisnis

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Memulai Bisnis Budidaya Tanaman Hias yang Menguntungkan